Kamis, 14 November 2013

MASALAH SOSIAL

Pengertian masalah sosial
Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Ada banyak masalah social yang terjadi di Indonesia dan pemerintah Indonesia sudah berupaya mencari jalan keluar untuk setiap masalah social yang terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu kita wajib mengetahui jenis-jenis masalah social yang terjadi di Indonesia.
ada 4 Jenis faktor Masalah sosial, antara lain :
 
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global.

                Pemerintah saat ini memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi mulai dari program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan sosial, program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat serta program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan usaha kecil, yang dijalankan oleh berbagai elemen Pemerintah baik pusat maupun daerah.
Terdapat empat strategi dasar yang telah ditetapkan dalam melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan, yaitu:

·         Menyempurnakan program perlindungan sosial
·         Peningkatan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar
·         Pemberdayaan masyarakat, dan
·         Pembangunan yang inklusif

Terkait dengan strategi tersebut diatas, Pemerintah telah menetapkan instrumen penanggulanang kemiskinan yang dibagi berdasarkan empat klaster, masing-masing:
  • Klaster I - Program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga
  • Klaster II – Program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat
  • Klaster III – Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro dan Kecil
                               
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
Kenakalan remaja menjadi masalah sosial yang sampai saat ini sulit dihilangkan karena remaja sekarang suka mencoba hal-hal baru yang berdampak negatif seperti narkoba, padahal remaja adalah aset terbesar suatu bangsa merekalah yang meneruskan perjuangan yang telah dibangun sejak dahulu.


Berawal dengan tawuran antar siswa bahkan antar sekolah. Ini merupakan contoh yang sangat tidak terpuji apalagi kalangan pelajar yang terbilang mempunyai pendidikan.Apalagi hal ini sering terjadi terutama di negara kita Indonesia.  kejadian seperti ini sangat merugikan terutama bagi mereka para pelajar yang membuat kericuhan dan yang lebih berbahaya mereka yang tidak terlibat pun menjadi korban dari setiap kericuhan ini. dimana kejadian pada saat mereka tawuran entah itu di jalanan atau di tempat-tempat ramai membuat orang yang tidak terlibat pun atau masyarakat menjadi korban. tidak hanya luka-luka saja bahkan kematian pun dapat terjadi karena tawuran.sebab diantara mereka ada yang membawa senjata tajam.

3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
Penyakit menular bisa menimbulkan masalah sosial bila penyakit tersebut sudah menyebar disuatu wilayah atau menjadi pandemik.
                            Contoh dari gambar diatas tentang penyakit menular salah satunya adalah influenza dan jamur penyakit tersebut dapat menular dengan cepat pada seseorang yang memiliki anti bodi lemah.

4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.
Aliran sesat sudah banyak terjadi di Indonesia dan meresahkan masyarakat walaupun sudah banyak  yang ditangkap dan dibubarkan tapi aliran serupa masih banyak bermunculan di masyarakat sampai saat ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar